Beranda HEADLINE Tradisi Masyarakat Bringin Wetan Ngaliyan Dalam Acara Mengantar Calon Jamaah Haji

Tradisi Masyarakat Bringin Wetan Ngaliyan Dalam Acara Mengantar Calon Jamaah Haji

108
0
BERBAGI

SEMARANG, KABARDAERAH.COM – Setiap ada salah satu warganya yang akan melaksanakan ibadah haji, Masyarakat di Desa Bringin Wetan Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang selalu melakukan acara pelepasan untuk yang akan berangkat menunaikan haji dengan cara berdoa bersama di masjid kebanggaan warga Bringin Wetan yaitu Masjid Jami’ As Sholihin.

Masjid berwarna hijau yang di depannya tumbuh pohon asam yang cukup besar itu merupakan masjid yang sudah cukup tua usianya. Namun begitu, masjid tersebut bangunannya indah, nampak asri, sejuk dan bersih.

Hari Minggu, 05 Agustus 2018 pukul 07.00 WIB, salah satu warga Bringin Wetan yang bernama Safi’i dan Qodariyah akan melaksanakan ibadah haji.

Acara pelepasan jamaah haji tersebut di pimpin oleh KH. Hisom Jaelani dengan cara berdoa bersama kepada Tuhan YME, agar selama menjalankan prosesi ibadah haji, bisa diberikan keselamatan, kesehatan dan kelancaran sehingga pulang kembali dalam keadaan selamat dan menjadi haji mabrur.

Setelah doa yang di pimpin oleh KH. Hisom Jaelani, selanjutnya acara Mengumandangkan Adzan dan iqomah yang di bawakan oleh ustadz Kamari.

Setelah itu, warga yang hadir, memberikan ucapan selamat kepada calon jamaah haji, dengan cara bersalaman keliling.

Selanjutnya, calon jamaah haji berangkat dengan diantar oleh beberapa kerabat dan tetangga lainnya menuju asrama haji yang ada di jalan Abdul Rahman Saleh kota Semarang.

Setelah berkumpul dengan calon jamaah haji lainnya, kemudian rombongan jamaah haji tersebut di berangkatkan menuju asrama haji Donohudan Solo dengan pengawalan petugas Kepolisian.

 

 

( AL )