Beranda DAERAH Tradisi Larung Sesaji dan Parade Tari Tradisional di Pantai Pasir Putih Wates...

Tradisi Larung Sesaji dan Parade Tari Tradisional di Pantai Pasir Putih Wates Kabupaten Rembang

183
0
BERBAGI

REMBANG, KABAR DAERAH.COM – Acara Srawung Segara di Pantai Pasir Putih Wates Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang pada hari Senin (23/7/2918), berlangsung meriah dan menyita perhatian masyarakat di sekitarnya dan juga wisatawan lokal yang datang di tempat itu.

Acara larung sesaji dan parade tari tradisional tersebut dihadiri oleh beberapa pejabat di lingkungan Kabupaten Rembang, di antaranya, Bupati Rembang H Abdul Hafidz, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rembang Ir Dwi Purwanto Mm, Dandim 0720 Letkol Andi Budi Sulistyanto S .sos, aparat kepolisian para pejabat daerah, Paguyuban kepala Desa se-Kecamatan Kaliori dan juga sanggar kesenian Surakarta.

Acara Srawung Segara adalah sebuah acara yang di selenggarakan rutin oleh masyarakat sekitar, sebagai wujud untuk menguri-uri adat kebudayaan jawa di pesisir pantai juga untuk memohon keselamatan dari Sang Pencipta.

Adat Larung sesaji atau tradisi buang sesaji tersebut di pandu oleh Ki Dalang Sigit Ariyanto, para sesepuh desa dan juga Pemuka agama yang di iringi oleh tarian Badhayan Kanjeng Ibu dari sanggar Cakraningkrat.

Dalam parade tari tradisional tersebut, selain di ikuti oleh penari dari sanggar budaya dan para siswa dari kabupaten Rembang, juga di ikuti pula oleh sanggar tari dari UNNES Semarang, Surakarta dan Jogjakarta.

Rencananya acara Srawung Segara dan pentas tari tradisional akan di gelar selama 2 hari sampai tanggal 24 Juli 2018.

Disamping pentas tari tradisional, dalam acara tersebut juga menampilkan pameran fotografi oleh komunitas fotografer Rembang.

Dan acara tersebut di tutup dengan sajian kethoprak dari sanggar Wangsit Gumelar pimpinan Ki dalang Sigit Ariyanto dalam lakon Segara.

( Sis/Tan )