Beranda DAERAH Larung Sesaji Ke Laut, Tradisi Turun Temurun Masyarakat Nelayan di Rembang

Larung Sesaji Ke Laut, Tradisi Turun Temurun Masyarakat Nelayan di Rembang

102
0
BERBAGI

REMBANG, KABARDAERAH.COM – Desa Kabongan Lor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang, mengadakan acara perayaan sedekah laut sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME, Rabu (25/7/2018).

Kegiatan yang sudah turun temurun tersebut di laksanakan oleh masyarakat Desa Kabongan Lor karena selama mereka berlayar untuk menangkap ikan, sudah mendapatkan hasil yang melimpah.

Walaupun perayaannya sangat sederhana, namun para warga masyarakatnya menyambut dengan suka cita.

Para warga masing-masing menyajikan nasi tumpeng yang di bawa ke tengah-tengah Desa / punden.

Sebelum nasi tumpeng mereka rebutkan, terlebih dahulu nasi tumpeng tersebut di bacakan do’a yang di pimpin oleh Kepala Desa Bapak Ilham yang di dampingi para Sesepuh Desa dan Pemuka agama setempat.

Tiba saatnya para warga untuk memberikan persembahan berupa sesaji kepada penguasa laut.

Persembahan atau sesaji yang telah di siapkan, sebelumnya di arak dari desa untuk di hanyutkan ke laut menggunakan perahu.

Persembahan itu berbentuk ogoh- ogoh dengan simbul rumah warga yang di dalamnya juga ada sesaji dan juga dupa untuk persembahan.

Ogoh-ogoh di arak sambil menggunakan perahu menggelilingi laut, yang bertujuan agar para nelayan saat berlayar mencari ikan mendapatkan hasil melimpah dan pulang dengan selamat.

Setelah sampai di tengah laut, ogoh-ogoh kemudian di hanyutkan dengan di iringi do’a.

Tidak ketinggalan pula untuk keamaan warga yang sedang melakukan adat tradisi tersebut juga di kawal oleh Satuan Polisi Air dari Polres Rembang dengan menggunakan kapal, agar acara tersebut bisa berjalan dengan lancar.

 

( Tan/Sis )