Beranda DAERAH Koramil 05/Sleman Gelar Nobar Film G30S/PKI Sesuai Instruksi Panglima TNI

Koramil 05/Sleman Gelar Nobar Film G30S/PKI Sesuai Instruksi Panglima TNI

18
0
BERBAGI

SLEMAN, KD – Mengingatkan kembali dengan sejarah masa lalu yang suram di Indonesia dalam gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia (G30S/PKI), Koramil 05/Sleman Kodim 0732/Sleman pada hari Sabtu (23/09) malam menggelar nonton bareng film pengkhianatan G30S/PKI di Lapangan Kepanjen, Dusun Kepanjen, Desa Trimulyo, Sleman, dengan sambutan masyarakat yang sangat antusias ingin melihat film tersebut.

“Tujuan kami memutar film yang merupakan perintah langsung dari Komando Atas adalah untuk mengingatkan kita tentang sejarah masa lalu yang suram yang pernah terjadi di negara Indonesia yang tercinta ini yaitu pengkhianatan G30S/PKI,” ujar Danramil 05/Sleman, Kapten Inf Kamdiyo, disela-sela kegiatan nobar.

Pemutaran film ini diikuti oleh sekitar 300 orang warga masyarakat sekitar dan dihadiri oleh Jajaran Muspika Kecamatan Sleman dan perangkat desa Trimulyo serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Tokoh masyarakat setempat Sudiyono yang sekaligus juga menjadi Tokoh Agama, menyambut baik ajakan nonton bareng film pengkhianatan G30S/PKI oleh Panglima TNI melalui Koramil 05/Sleman. “Masyarakat diundang untuk datang dan menonton bersama-sama pada malam ini agar masyarakat mengetahui tentang kekejaman PKI tersebut, serta agar masyarakat mengetahui sejarah sebenarnya tentang pergerakan PKI yang merongrong NKRI saat itu,” katanya.

Secara terpisah Komandan Kodim (Dandim) 0732/Sleman, Letkol Arm Djoko Sudjarwo, mengatakan pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI ini merupakan perintah dari Panglima TNI kepada jajarannya. “Film ini untuk meluruskan sejarah dan mengingatkan kembali tentang tragedi kemanusiaan serta pengkhianatan PKI yang membunuh Jendral TNI angkatan darat, setelah reformasi film ini tidak pernah diputar seolah telah dilupakan masyarakat. Untuk itu kembali jajaran Kodim 0732/Sleman memutar film tersebut,” ungkapnya.

Ditambahkan Djoko, pihaknya melalui koramil-koramil jajarannya telah menginstruksikan pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI diwilayah masing-masing dengan mengajak nonton bareng masyarakat setempat. “Untuk di Makodim sendiri juga telah dilaksanakan pemutaran film pengkhianatan G30S/PKI bersama pelajar diseputaran Makodim beberapa waktu lalu,” katanya.

(Mar)