Beranda HEADLINE Nonton Bareng Film G30S/PKI di Pendam IV/Diponegoro

Nonton Bareng Film G30S/PKI di Pendam IV/Diponegoro

18
0
BERBAGI

SEMARANG, KD – Ratusan pelajar dari SMK Negeri 1 Semarang yang sedang melaksanakan Out Class Learning (OCL), SMK 11 Semarang, dan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) yang sedang magang di Diponegoro Channel melakukan nonton bareng (nobar) film G30S/PKI di Mako Penerangan Kodam (Pendam) IV/Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (22/09), selain pelajar, nobar tersebut diikuti pula oleh anggota Pendam IV/Diponegoro.

Menurut Kapendam IV/Diponegoro Letkol Inf Sapta Marwindu Ibraly, pemutaran film ini sengaja dilakukan untuk memberikan wawasan kebangsaan dan sejarah kepada para siswa tentang tragedi yang pernah mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. “Dalam sejarah kita pernah memiliki peristiwa kelam dan peristiwa itu sebagai pembelajaran bagi kita agar peristiwa serupa tidak terjadi lagi di masa mendatang,” ujarnya diakhir nobar.

Salah satu guru SMK Negeri 1 Semarang, Zaenal mengungkapkan, peristiwa G30S/PKI pernah terjadi di Indonesia. Bahkan, salah satu anggota keluarganya menjadi korban kebiadaban PKI. “Semoga dengan diputarnya film tersebut, peristiwa itu tidak terulang lagi,” ungkap Zaenal.

Sementara itu, Anton dari perwakilan siswa mengaku, ini pertama kalinya bagi dia menonton film G30S/PKI. “Kami berharap kejadian yang digambarkan dalam film tersebut tidak terjadi lagi,” katanya.

(Mar)